Cahaya di Kampung Komunitas Anak Kali Ciliwung

Categories Featured, Kabar

Pada hari Minggu, 26 Agustus 2018, Ruang Rupa (RURU) Kids bersama dengan anak-anak Kampung Kerapu, Tongkol dan Lodan yang tergabung dalam Komunitas Anak Kali Ciliwung (KAKC) mengadakan kegiatan melukis toples transparan di Kampung Lodan dengan tema “Imaji Cahaya Kampung Kota.”
Toples ini nantinya akan menjadi lampion yang diletakkan di atas aliran Sungai Anak Kali Ciliwung.
Kegiatan ini merupakan bagian kecil dari kerjasama RURU dengan Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) dan Urban Poor Consortium (UPC) dalam acara Riset dan Festival Kampung Kota 2018.

Karya peserta “Imaji Cahaya Kampung Kota @Siti Maymunah

Festival ini juga diadakan di beberapa kampung yang lain yaitu Kali Apuran, Kerang Ijo, Kampung Muka, Kampung Penjaringan dan KAKC (Lodan, Kerapu dan Tongkol). Semua kegiatan diadakan serentak dari awal hingga akhir Agustus 2018.
Beragam proyek diadakan di kampung-kampung tersebut. Kampung Kali apuran dan Kampung Muka menjadi lokasi proyek mural, Kampung Penjaringan menjadi fokus dari proyek dokumentasi kehidupan, dan Kampung Kerang Ijo diramaikan oleh proyek monumen perahu nelayan.
Kegiatan di KAKC sendiri dihadiri oleh anak-anak berumur 8-13 tahun. Sebelum kegiatan ini, warga KAKC juga pernah membuat lampion yang terbuat dari bahan kain dan diletakkan di atas sungai, namun proyek tersebut gagal. Pada saat penggagas Riset dan Festival Kampung Kota 2018 datang, pengurus KAKC mengusulkan pembuatan lampion itu kembali. Rencananya, lampion ini akan digantungkan di depan Musholla Kampung Lodan dan Rumah Contoh Kampung Tongkol. Setiap unit memiliki panjang 14 meter dan memiliki 7 titik toples lukis. Dengan adanya lampion ini, warga KAKC berharap bisa selangkah lebih dekat untuk mewujudkan visi mereka menjadi kampung wisata.

Siti Maymunah
Lahir dan besar di Kampung Tongkol. Saat ini, selain aktif bekerja, ia juga aktif membantu perjuangan para warga, salah satunya dengan menjadi reporter muda kampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *