Kampung Akuarium Mulai Berbenah

Categories Kabar

Setelah mendapat bantuan dari pemkot DKI Jakarta untuk membangun shelter darurat bersama-sama, warga Kampung Akuarium juga mendapatkan pelayanan kebersihan melalui penurunan tim Jumantik (Juru Mantau Jentik Nyamuk), dan program Grebek Sampah.
Di hari jumat, 26 Januari 2018, Tim Jumantik melakukan aksinya dengan mengecek berbagai tempat penampungan air, seperti jerigen, tempayan, dan banyak tempat lain. Jika mereka menemukan jentik nyamuk, pembasmian dengan obat akan dilakukan. Setelah pengecekan berlangsung, Tim Jumantik tidak menemukan satupun jentik-jentik nyamuk di tengah puing. Meski hasillnya nihil, warga merasa sangat terbantu dengan aksi mereka.

Tim ibu-ibu Jumantik. ©Rohman Muslim

Dua hari kemudian, program Grebek Sampah dari Gubernur DKI Jakarta dilaksanakan. Kampung Akuarium adalah kampung percontohan yang menjadi lokasi perdana pelaksanaan program ini.
Sebelum memulai acara, seluruh dinas melakukan upacara terlebih dahulu. Abdul Chalit dari Aspem Jakarta Utara menjadi pembina upacara, sedangkan Didi dari Satpol PP menjadi pemimpin upacara. Kegiatan ini juga diikuti oleh perwakilan Damkar, Dinas Marga, SDA Kehutanan, PPSU Penjaringan, PPSU Pluit, PPSU Kamal Muara, PPSU Kapuk, PPSU Pejagalan dan warga Kampung Akuarium.
Setelah upacara, suku dinas yang terkait memulai Grebek Sampah bersama warga Kampung Akuarium. Mereka membersihkan sampah bekas penggusuran, seperti kayu, asbes, bambu bekas, dan lainnya. Acara berlangsung dari pukul 7 hingga 10 pagi. Setelah selesai, para pekerja lahap menyantap hidangan yang telah disiapkan oleh para ibu dari Kampung Akuarium.
Setelah aksi Tim Jumantik, warga juga merasa sangat terbantu dengan program Grebek Sampah. Mereka berharap semua akan menjadi jalan pembuka yang baik untuk kedatangan shelter untuk warga, dan CAP rencana penataan Kampung Akuarium, yang saat ini sedang dalam proses pembuatan.

Rohman Muslim
Lahir dan besar di Kampung Akuarium. Meski telah tergusur, ia sangat berharap kampung mereka dapat berdiri kembali dan saat ini bertanggung jawab dengan pengelolaan air di kampung. Saat ini, ia juga aktif membantu perjuangan para warga, salah satunya dengan menjadi reporter muda kampung.

2 thoughts on “Kampung Akuarium Mulai Berbenah

  1. Sukses semoga mejadi kampung percorohan dan dapat di ikuti oleh kampung kamoung lain dan selamet buat Roman muslim atas tulisan tulisannya dan sekali lagi sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *