Warga Kampung “Penjaga Kali” Akan Rayakan Hari Ciliwung

Categories Featured, Kabar

Oleh Siti Maymunah

Tiga kampung di pinggir sungai kawasan Jakarta Utara, yang tergabung dalam Komunitas Anak Kali Ciliwung (KAKC), akan menggelar perayaan Hari Ciliwung yang ke-enam bertema “Jogo Kali” pada 11 November mendatang dengan mengundang gubernur terpilih Anies Baswedan.

Jogo Kali mempunyai arti bahwa warga yang tinggal di sekitaran bantaran kali adalah para penjaga kali yang sigap menjaga kelestarian, kebersihan karena kali adalah kesatuan ruang hidup bagi manusia dan alam.

Masyarakat secara swakarsa menata kampung pinggir sungai menjadi “river defender”, kampung yang menjaga kelestarian sungai sebagai kesatuan saling menghidupi dan berbagi ruang dengan ekosistem sungai, khususnya yang ternaung sebagai anggota KAKC meliputi Kampung Lodan, Krapu dan Tongkol. Ketiganya diharapkan menjadi kampung inspeksi jogo kali.

Ternyata memang manusia bisa kembali bersahabat dengan sungai sebagai bagian dari lingkungan kampungnya, bisa menjadi tempat ruang sosial dan alternatif wisata kampung air. Mengangkat kembali relasi peradaban sungai yang bermartabat.

kegiatan rapat hari Minggu tanggal 8 Oktober untuk persiapan perayaan Hari Ciliwung. ©Siti Maymunah

Tema tersebut juga sesuai dengan penetapan pertama Hari Ciliwung pada 2011 lalu yang diawali dengan penemuan kura-kura bulus di daerah Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Penemuan ini menjadi sumber semangat bagi kami karena masih ada ekosistem endemik Ciliwung yang perlu dijaga kelangsungan hidupnya.

Pada Minggu (8/10) lalu, beberapa perwakilan warga dari kampung anggota KAKC bertemu di Lodan ba’da Isya untuk membahas acara perayaan tersebut. Peringatan Hari Ciliwung juga akan dibarengi dengan pesta ulang tahun KAKC yang ke-tiga.

Selain menetapkan tema, warga juga memutuskan untuk mengundang gubernur Jakarta terpilih, Anies Baswedan, untuk hadir.

Perayaan Hari Ciliwung tahun 2016 lalu dimeriahkan dengan adanya perlombaan seperti kampung terapih, dayung perahu, mewarnai, menggambar, workshop kota tanpa sampah, membuat nasi tumpeng antar kampung, kostum daur ulang terbaik dan karnaval panen raya.

Namun perayaan Hari Ciliwung tahun 2017 ini kami meniadakan perlombaan namun lebih kegiatan yang kami adakan, adapun kegiatan-kegiatan yang akan diadakan pada perayaan Hari Ciliwung ini seperti festival arak-arakan, membuat Taman/RPTRA (Ruang Publik Terbuka Ramah Anak) sederhana, workshop, kuliner, kerajinan tangan, diskusi dan pentas seni (yang rencananya akan mengundang kampung lain untuk turut berpartisipasi).

Semaraknya kegiatan hari Ciliwung 2016 @Siti Maymunah
Siti Maymunah
Lahir dan besar di Kampung Tongkol. Saat ini, selain aktif bekerja, ia juga aktif membantu perjuangan para warga, salah satunya dengan menjadi reporter muda kampung.

1 thought on “Warga Kampung “Penjaga Kali” Akan Rayakan Hari Ciliwung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *