Perayaan Hari Habitat Sedunia di Kampung Akuarium

Categories Featured, Kabar

Oleh: Ari Muhrijal
Pada hari Sabtu, 7 oktober 2017, warga Kampung Akuarium bersama Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) mengadakan acara “Penataan Kampung: Pemenuhan Hak Atas Perumahan Layak dan Terjangkau” untuk memperingati Hari Habitat Sedunia. Acara ini dihadiri oleh warga dari 16 kampung yang tergabung dalam JRMK, jurnalis, mahasiswa arsitektur dan Sandiaga Uno (Wakil Gubernur Jakarta terpilih).
Ada lima kegiatan utama selama acara berlangsung. Pameran profil kampung dan pedagang kaki lima, peluncuran tulisan Kampung Kota Merekam, penyerahan buku profil 16 kampung dan 3 pedagang kaki lima ke Sandiaga Uno, hiburan, dan sesi diskusi dengan moderator Gugun Muhammad.
Sesi diskusi mengundang Sukirno (warga kampung), Evi Mariani (Kampung Kota Merekam), Sandyawan Sumardi (Ciliwung Merdeka), Matthew Michelle Lenggu (LBH Jakarta), Anggi (mahasiswa Arsitektur UI) dan Sandiaga Uno untuk membicarakan isu hunian yang terjangkau bagi seluruh rakyat Jakarta.

Sesi diskusi mengenai hunian layak dan terjangkau. ©Yusni Aziz

Sandiaga Uno menyatakan bahwa Anis Baswedan dan dia tidak akan melupakan janji mereka saat kampanye mengenai program-program yang telah disetujui, dan kontrak politik yang telah mereka tanda tangani. Ia juga meminta kepada seluruh warga yang hadir untuk mendoakan mereka agar mereka bisa menjaga amanah dan juga mengajak warga ikut bekerjasama, berpartisipasi, kolaborasi dengan pemerintah untuk bisa secara mandiri menata kampungnya sendiri.
“Prinsip kebijakan yang akan kami ambil Insya Allah akan lebih mendengarkan aspirasi masyarakat, dan nanti akan dilakukan peninjauan di tingkat RTRW yang tujuannya untuk merubah zonasi supaya pada tahun 2019 nanti kampung yang dibangun ini memiliki legal standing,” ujar Bang Sandi.

Anak-anak dari Kampung Akuarium menyanyikan lagu “Rumah Kita” ©Yusni Aziz
Ari Muhrijal
Lahir dan besar di Kampung Akuarium. Meski telah tergusur, ia sangat berharap kampung mereka dapat berdiri kembali. Saat ini, selain aktif bekerja, ia juga aktif membantu perjuangan para warga, salah satunya dengan menjadi reporter muda kampung.

2 thoughts on “Perayaan Hari Habitat Sedunia di Kampung Akuarium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *